Pengukuhan dan Pembinaan POKDARWIS Kalteng 2012 di Kuala Kapuas

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar penyuluhan kelompok sadar wisata guna mendukung pembangunan sektor pariwisata di daerah itu.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperaf) RI,” kata Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Kabupaten Kapuas, I Wayan Arnatha S, SH di Kuala Kapuas, Sabtu 7 Juli 2012.

Dia mengatakan, kegiatan itu dibuka oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenperaf RI, Drs Bakrie MM.

Pada pembukaannya dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalteng, Ir Godlin, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas I Dewa Gde Oka Ariawan mewakili Bupati Kapuas Muhammad Mawardi.

I Wayan Arnatha mengatakan, penyuluhan Pokdarwis itu dimaksudkan untuk memberi pengetahuan yang nantinya disampaikan kepada masyarakat di daerah objek dan daya tarik wisata daerah tersebut.

“Pengetahuan ini penting bagi peserta yang datang dari berbagai lembaga swasta, sehingga mereka mengetahui potensi dan menguasai sejarah yang terdapat di Kapuas,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini diikuti sekitar 73 orang peserta yang terdiri dari enam Pokdarwis, belum termasuk undangan dari perhotelan, restoran atau rumah makan, biro perjalanan serta dari Disporabudpar Kabupaten Kapuas.

Enam kelompok sadar wisata adalah Pokdarwis Pantai Gabang Indah, Desa Batanjung Kecamatan Kapuas Kuala, Pokdarwis Pulau Telo Desa Pulau Telo Kecamatan Selat.

Di samping juga ada Pokdarwis Batang Garing Desa Dahiring Kecamatan Kapuas Hilir, Pokdarwis Pulau Lampahen Desa Pulau Keladan Kecamatan Mantangai.

Selain itu juga ada Pokdarwis Anugerah Hampayang, Desa Sei Hanyu Kecamatan Kapuas Hulu serta Pokdarwis Puruk Muntei Desa Baronang Kecamatan Kapuas Tengah.

“Dengan kegiatan ini salah satu cara untuk memajukan pembangunan didaerah ini, khususnya disektor pariwisata,” katanya.(antara)

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di PARIWISATA dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s