MANISAN TERONG ASAM, Oleh-oleh khas Kabupaten Kapuas

Tribunnews.com – Kamis, 5 Mei 2011 14:04 WIB
Share on Facebook Share on Twitter  Print Berita Ini   + Text 
TRIBUNNEWS.COM – Berdasarkan informasi dari Seksi Pengolahan Hasil Pertanian pada Dinas Pertanian TPH Kabupaten Kapuas (Siti Fitriati, SP), Kabupaten Kapuas tahun 2011 ini akan memperkenalkan satu produk baru oleh-oleh dari Kabupaten Kapuas yaitu Manisan Terong asam atau yang biasa disebut manisan Rimbang.
Terong terong asam alias asam rimbang (Dayak) dikenali juga sebagai Hairy-fruited eggplant (Inggris) atau Ca bung (Vietnam) atau Ma uk muak (Thailand) atau Tarambulo/tabanburo (Filipina) atau Mao qie (Cina) adalah tanaman dari Kingdom: Plantae, Sub-kingdom : Tracheobionta , Famili: Solanaceae dan Spesies: Solanum ferox L.
Di dalam kehidupan masyarakat Dayak atau Kalimantan pada umumnya, pemanfaatan terong asam mudah dijumpai didalam masakan tradisional seperti sayur asam, ikan sungai bumbu kuning dan berfungsi sebagai pemberi citarasa asam.
Asam Dayak atau terong asam ini juga biasanya diolah menjadi sambal terong asam yang mempunyai citarasa yang khas.

Dalam perkembangannya, terong asam ternyata juga dapat di olah menjadi cemilan yang manis dengan bentuk yang menggugah selera, yaitu diolah menjadi Manisan Terong Asam.
Pada pengolahan manisan terong asam, yang digunakan sebagai bahan baku adalah buah terong asam yang sudah matang yang berwarna hijau kekuningan, dan yang diolah adalah daging buahnya.
Cara pengolahannya sama dengan pengolahan manisan pada umumnya, sedangkan untuk pewarna merah dapat digunakan sirup Rosella atau sirup gula biasa yang diberi pewarna makanan agar memiliki warna yang menarik.
Diposkan oleh DISPORABUDPAR KAPUAS di 01:26

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s