PADANG RUMPUT DI PANTAI CEMARA LABAT

Salah satu keunikan disekitar pantai Cemara Labat di kecamatan Kapuas Kuala adalah padang terbuka atau padang rumput liar.

Padang terbuka berupa tanah lapang luas ini terletak antara pantai Cemara Labat dan hutan mangrove atau desa Cemara Labat. Antara pantai dan padang rumput ini dipisahkan oleh tanggul tanah yang membujur menyekat diantara keduanya.

Padang rumput luas ini sebagian dimanfaatkan oleh para petani lokal untuk berladang  sedangkan sebagian besarnya masih berupa hamparan rumput yang luas membentang.

Hasil pertanian yang didapat oleh para petani setelah memanfaatkan hamparan luas terbuka di pantai Cemara Labat adalah singkong, jagung, ubi kayu, ubi jalar, terong, lombok, kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Dan pada musim-musim tertentu dihasilkan pula semangka, waluh, mentimun dan tanaman pertanian lainnya.

Ciri utama berhuma di padang rumput Cemara Labat adalah pemanfaatan humus dan sampah laut yang dibawa deburan ombak laut Jawa sehingga pertanian di sini sama sekali tanpa pupuk apa pun.

Padang rumput Pantai Cemara Labat dihuni oleh beraneka jenis kupu-kupu terutama kupu-kupu kecil berwarna hitam, coklat, kuning dan putih.

Kawasan ini juga dihuni oleh musang, biawak, burung-burung kecil penghisap bunga padang dan ular. Yang terbanyak didapati di padang ini adalah belalang.

Pos ini dipublikasikan di PARIWISATA, Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s