Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas meninjau Pantai Pulau Gabang

Teks dan video : Syamsuddin Rudiannoor, S. Sos
Foto : Redy, A.Md

 

Pada hari Selasa tanggal 29 November 2011 rombongan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas meninjau Pantai Pulau Gabang di desa Batanjung, kecamatan Kapuas Kuala.


Rombongan terdiri dari Bapak Drs. Raden Ledi Karsapati R Mathias (Kepala Dinas), I Wayan Arnatha, SH (Kepala Bidang Pariwisata), Syamsuddin Rudiannoor, S. Sos (Kepala Seksi Usaha dan Produk Pariwisata) dan Redy, A. Md (Fotografer / Petugas Website).

Perjalanan diawali dari Pelabuhan Syahbandar Kuala Kapuas pukul 08.45 WIB menuju Lupak dengan mempergunakan speedboat dan singgah melaporkan kegiatan kepada Camat Kapuas Kuala.

Kedatangan rombongan di kantor kecamatan Kapuas Kuala disambut langsung oleh Pak Suraji, S. Sos (Camat), Dan Ramil Kapuas Kuala, Kapolsek Kapuas Kuala dan perangkat kecamatan lainnya. Setelah berbincang sejenak di rumah jabatan Camat seterusnya rombongan langsung menuju desa Batanjung dengan diantar langsung oleh Pak Camat, Danramil dan Kapolsek Lupak.

Sesampai rombongan di desa Batanjung dan melaporkan kedatangan, dari sini rombongan langsung berangkat menuju Pantai Pulau Gabang dengan memperoleh pendamping tambahan oleh Kepala Desa (Ilham) dan beberapa orang perangkat desa Batanjung.

Banyak hal yang berhasil dibincangkan dalam perjalanan ini. Salah satu diantaranya adalah upaya mempersiapkan Pantai Pulau Gabang dan sekitarnya sebagai daerah tujuan wisata karena daerah ini potensial dan berdampingan langsung dengan Pelabuhan Laut Batanjung dan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang sedang dalam tahap pembangunan.

Dalam waktu dekat masyarakat Batanjung dan Lupak akan merespon perencanaan pengembangan kepariwisataan di daerah ini dengan cara mulai memperkenalkan adat tahunan “Memberi Makan Buaya”, mempersiapkan masyarakat Sadar Wisata melalui PNPM “Pantai Gabang Indah” dan upaya pembangunan sarana dan prasarana fisik di sekitar pantai Pulau Gabang.


Mungkin timbul pertanyaan, kenapa daerah itu dinamakan Pantai Pulai Gabang? Pantai Pulau Gabang adalah pantai berpasir yang terhampar ditepi sungai yang lokasinya tidak jauh dari desa Batanjung.

Dinamakannya pantai itu dengan Pulau Gabang karena di sekitar daerah tersebut terdapat banyak pohon gabang atau pohon sejenis pohon lontar. Kumpulan pepohonan yang banyak sudah sangat biasa diistilahkan dengan pulau sehingga disebutlah pantai disitu sebagai Pantai Pulau Gabang yang maksudnya Pantai yang banyak ditumbuhi pohon-pohon gabang.

Selesai kunjungan rombongan dijamu makan siang oleh Kepala Desa Batanjung di rumah beliau di desa Batanjung.

Diposkan oleh DISPORABUDPAR KAPUAS

Pos ini dipublikasikan di PARIWISATA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s