RITUAL BALIAN MAMAPAS LEWU KAPUAS 2012

 

Pada hari Selasa tanggal 20 Maret 2012 dilaksanakan Balian Mamapas Lewu Kapuas. Kegiatan dimulai oleh Panitia Pelaksana di Balai Basarah di Jalan Melati Kuala Kapuas. 

Selesai seremonial kegiatan dilanjutkan dengan Balian Mamapas Lewu Kapuas Tahun 2012 dipimpin oleh Basir, Demang dan para pemangku Hindu Kaharingan kota Kuala Kapuas. 

Hadir dan ikut serta dalam ritual tahunan ini Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Drs. Raden Ledi Karsapati R Mathias, Mantan Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs. Talinting Erick Toepak, Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Kabupaten Kapuas I Wayan Arnatha S, SH, Kepala Bidang Kebudayaan Disporabudpar Kabupaten Kapuas Kristina Darmalia, SE, Kepala Bidang Olah Raga Disporabudpar Kabupaten Kapuas Suwarno M, Spd, M. Ag dan  para pejabat lainnya.  

Selesai ritual dirampungkan selanjutnya para peserta Balian Mamapas Lewu bergerak secara konvoi untuk berkeliling kota Kuala Kapuas menuju Kantor Bupati Kapuas di Jalan Pemuda Km 5,5 Kuala Kapuas. 

Di kantor Bupati Kapuas para basir dan damang yang menyelenggarakan balian mamapas lewu memasuki ruang kerja yang ada guna melakukan ritual sesuai tata cara Kaharingan.

Setelah melaksanakan ritual di kompleks kantor Bupati selanjutnya rombongan bergerak menuju kompleks Betang Sungai Pasah dan melaksanakan kegiatan di sana. 
 
 
 
Kemudian rombongan kembali bergerak secara konvoi menuju kota Kuala Kapuas dengan tujuan akhir rumah jabatan Bupati Kapuas.
 
 

Diposkan oleh

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s