MAMAPAS LEWU DI DESA LAWANG KAJANG, KECAMATAN TIMPAH

ImagePada hari Minggu pagi tanggal 15 April 2012 satu rombongan dari Kuala Kapuas berangkat secara konvoi mempergunakan beberapa buah mobil menuju Timpah, ibukota kecamatan Timpah. 

 

ImageRombongan bergerak dibawah pimpinan Yang Mewakili Bupati Kapuas, dalam hal ini Asisten II Setkda Bapak Drs. Johansyah MDA, didampingi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Bapak Drs. Raden Ledi Karsapati R Mathias, Kepala Bagian Umum Bapak Hanafi Taat dan Kepala BPMD Kabupaten Kapuas. 

ImageAdapun anggota rombongan lain dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas antara lain Yoab, S.Pd, M.Pd, Eterius, Redy, A. Md, Liwan dan Betriana Natalia.

 

ImageSelanjutnya dari Timpah perjalanan dilanjutkan dengan transportasi air menuju desa Lawang Kajang ke arah hilir sungai Kapuas. Bergabung pula dalam rombongan ini Camat Timpah beserta istri, Kepala Kepolisian Sektor Timpah, Komandan Rayon Militer Timpah dan pendamping dari fihak kecamatan.

ImageSebelum memasuki arena kegiatan di desa Lawang Kajang, rombongan disambut oleh masyarakat dan para siswa Sekolah Dasar Negeri Lawang Kajang.

ImageSalah satu bentuk penyambutan tamu yang lazim dilakukan masyarakat Lawang Kajang adalah Tetek Pantan. 

ImageRitual Dayak berupa Mamapas Lewu yang dilaksanakan oleh masyarakat Lawang Kajang ini dipimpin langsung oleh Damang Kecamatan Timpah dan para tetuha Kampung Lawang Kajang.

 

ImageDengan pelaksanaan ritual ini diharapkan kehidupan masyarakat desa Lawang Kajang pada khususnya dan masyarakat kabupaten Kapuas pada umumnya dapat berjalan dengan baik dan hubungan antar sesama manusia dan antara manusia dan alam non materi dapat berjalan dalam keselarasan, keserasian dan keseimbangan.

ImageBeberapa rangkaian kegiatan mendampingi ritual Mamapas Lewu diantaranya makan bersama dan tanya jawab antara rombongan dari Kabupaten Kapuas dengan masyarakat desa Lawang Kajang.

Image

Banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan dan banyak pula masukan yang diterima dan perlu tindak lanjut sebagai mana mestinya.

ImageSemoga acara adat dan kegiatan budaya semacam ini dapat dikelola dengan sebaik mungkin sehingga akhirnya mampu dijadikan aset daerah yang dikenal oleh masyarakat luas dan mampu pula menarik minat para pecinta kebudayaan dari berbagai tempat. 

ImageDan mudah-mudahan dengan terlaksananya kegiatan semacam ini akan tumbuh pula berbagai kreativitas budaya lain sehingga semakin memperkaya khazanah budaya daerah yang beraneka ragam.

Image

 

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s