ANAK-ANAK PENCARI DAMAR DI PANTAI CEMARA LABAT

Adalah sebuah realita tatkala kita sempat berkunjung ke pantai Cemara Labat di Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas dan menemukan anak-anak kampung sedang hilir mudik di bibir pantai yang berlumpur tebal.

Ada apa? Apakah mereka bermain-main di air asin laut Jawa? Ternyata tidak. Rupanya mereka sedang mencari sesuatu diantara tumpukan sampah-sampah yang hilir mudik diterjangi gempuran ombak laut yang berair keruh.

Lalu apa yang mereka cari? Ternyata sekelompok anak-anak usia sekolah dasar ini sedang beradu jeli mencari hanyutan kayu-kayu damar sebagai usaha menambah perekonomian keluarga.

Dengan kenyataan ini dapat ditebak bahwa kondisi anak-anak usia sekolah dasar ternyata harus pula memikirkan kondisi perekonomian orang tua mereka, masih untung kalau mereka masih bersekolah pula.

Kumpulan sampah kayu damar yang berhasil dikumpulkan oleh anak-anak kampung di Pantai Cemara Labat ini akhirnya dijual kepada para pengumpul damar sehingga sejak dini mereka sudah belajar hidup mandiri dan berfikir secara ekonomi.

Inilah sepenggal fakta anak-anak usia sekolah yang ada di Pantai Cemara Labat, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah sebagai renungan untuk kita semua.

Pos ini dipublikasikan di PARIWISATA. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar